8 Skill yang Harus Dimiliki Customer Service

Customer service adalah sebuah fasilitas yang di tawarkan dari perusahaan untuk para customer, baik sebelum saat atau setelah belanja product atau jasa.

1. Product knowledge
Mengutip Help Scout, skill yang harus dimiliki customer service yang profesional memiliki pengetahuan mendalam tentang product perusahaan mereka. Jika anda tidak jelas product perusahaan secara menyeluruh, dapat sukar untuk membantu problem yang diajukan customer.

2. Komunikasi efektif
Customer service dapat menjadi perwakilan suara perusahaan kepada konsumennya. Itu artinya, mutlak bagi customer service untuk menerapkan komunikasi yang efektif kepada customer.

3. Problem solving
Kemampuan untuk selesaikan masalah/problem solving juga tidak kalah mutlak untuk customer service. Pada dasarnya, customer service dapat terima feedback dari customer, tapi seringkali feedback ini berbentuk problem atau komplain. Saat terima komplain, customer service harus bisa menambahkan solusi pas untuk problem yang dihadapi customer.

4. Emotional intelligence
Kecerdasan emosional atau emotional intelligence ini berfaedah untuk lebih jelas customer. Customer service yang baik jelas bagaimana langkah jelas customer. Tidak terlampau disita hati, tapi juga jelas apa yang berlangsung dan bagaimana posisi customer saat itu. Ini dapat membantu customer service membangun komunikasi yang baik dan juga tidak kehilangan empatinya kepada customer.

5. Kemampuan persuasif
Customer service bukan hanya terima komplain dari pelanggan. Seringkali juga customer service dihubungi untuk menanyakan product perusahaan. Saat inilah kemampuan persuasif diperlukan untuk membantu memastikan pelanggan potensial.

6. Manajemen waktu
Biasanya, durasi saat untuk fasilitas customer service terlampau terbatas. Saat customer selesai mengajukan komplain, customer service harus bisa langsung menanggapi dan berikan solusi. Maka, manajemen saat diperlukan agar penyelesaiannya lebih efektif.

7. Kegigihan
Etos kerja yang baik dan juga kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan dengan sepenuh hati adalah elemen utama saat anda menambahkan service langsung. Artinya, saat menjadi customer service, tidak cuman harus mematuhi prosedur, anda juga harus mengusahakan sebaik kemungkinan dengan sepenuh hati mendengarkan dan membantu customer.

8. Terus belajar
Secara keseluruhan, kemampuan untuk konsisten belajar adalah kunci perkembangan seorang customer service. Belajar tentang product perusahaan, bagaimana komunikasi yang baik, belajar dari proses, dan lainnya. Terus belajar baik dari pengalaman maupun kemampuan baru dapat membantu menjadi customer service yang profesional.

Demikianlah penjelasan tentang apa saja skill yang harus dimiliki oleh setiap customer service. Jika anda memang terlampau tertarik dengan profesi ini, segeralah meningkatkan skill yang udah disebutkan di atas.

Comments

Popular posts from this blog

Website Analytics Google: Menganalisis Performa Website Dengan Google Analytics

siapa Ingin Rahasia Cara Cepat Populer dengan Fstagram?

Terminal Jewel Changi Airport